Rabu, 17 Februari 2016

KESADARAN DAN KEPEDULIAN TERHADAP LINGKUNGAN



Bagian 1
         Luar biasa banyak saya menemukan artikel mengenai lingkungan, beberapa mengajak kita untuk peduli dan sadar betapa pentingnya menjaga lingkungan, lucunya beberapa bahkan masuk ke ranah politik seperti kemampuan pemerintah menata dan mendisiplinkan dinas-dinas tertentu yang bertugas dan memiliki kewajiban terhadap lingkungan.
         Rasanya sangat menyedihkan, apabila saya ungkapkan semuanya mengenai perubahan lingkungan yang sangat lambat untuk ditangani. Tapi seperti itulah kenyataannya.. semua hanya bisa saya tuangkan melalui artikel ini dan berharap ada yang membaca kemudian memiliki kesempatan dan momentum untuk melakukan tindakan nyata bagi lingkungan.
         Saya harus bekerja mulai dari pagi buta dan pulang hampir malam, tapi mata dan pikiran ini terus terganggu dengan kenyataan yang terjadi disekitar saya, rasanya seperti diperkosa oleh fakta. Udara yang harus saya hirup setiap hari terasa tidak lagi segar, mungkin hal ini tidak bisa dirasakan beberapa orang yang hidup dilingkungan komplek perumahan dan berkendara dalam ruangan mobil ber-AC, tentu saja semua mata melihat perubahan ini, tapi tidak semua orang merasakan betul bahwa hal ini mulai mengganggu.
         Mulai saya telusuri artikel-artikel mengenai lingkungan bahkan beberapa situs yang artikenya ditulis langsung oleh para ahli lingkungan yang memiliki latar belakang pengetahuan yang cukup. Mulai saya telusuri artikel-artikel kegiatan peduli lingkungan dan komunitas-komunitas pecinta lingkungan, dan saya menemukan banyak hal memang sedang diusahakan untuk menyadarkan dan mengajak masyarakat agar menjaga lingkungan.
         Tapi agak mengherankan banyak sekali daerah-daerah atau lokasi yang ter-ekspos di artikel dan dimedia sampai hari ini belum ditangani, loh.. kok bisa?? saya mulai bertanya-tanya.. bagaimana semua ini bisa terjadi, maksud saya.. banyak yang berusaha untuk menjaga lingkungan tetapi banyak kenyataan dan fakta bahwa dibeberapa tempat yang sudah ter-ekspos masih belum ditangani, saya rasa bukan mereka tidak peduli, saya rasa keterbatasan informasi, keterbatasan agenda kegiatan dan keterbatasan jarak masih jadi kendala, tapi ide dalam pikiran saya mulai muncul, ternyata beberapa kegiatan dan komunitas pecinta lingkungan ini hanya memiliki target terdekat dari apa yang bisa dan mudah untuk mulai dikerjakan, tapi kurangnya agenda untuk melihat lingkungan-lingkungan yang sudah parah yang seharusnya diprioritaskan untuk ditangani.
         Saya harus acungkan jempol bagi pecinta lingkungan, saya berharap dikemudian hari saya dapat mengumpulkan informasi mengenai lokasi-lokasi yang sudah sangat parah pencemaran lingkungannya dan membuat peta kerusakan lingkungan. Yang kemudian saya harap bisa saya informasikan kepada teman-teman saya para pecinta lingkungan untuk di agendakan dan di prioritaskan.
         Harus saya akui saya membutuhkan kontribusi dari para pembaca artikel ini atau yang kebetulan tidak sengaja membaca artikel saya ini  untuk membantu saya mengumpulkan informasi mengenai daerah-daerah dengan lingkungan yang sudah tercemar, disertai foto-foto dan detail lokasinya.
         Ini hanya sekedar harapan, tapi saya akan mulai dari harapan, mudah-mudahan para pembaca yang budiman tergerak hatinya untuk memberikan informasi atau langsung bergerak dengan langkah nyata.
         Ingat ! anak-anak kita.. generasi setelah kita adalah tanggung jawab kita bersama, kepedulian kita walaupun sedikit akan sangat berarti, jadilah manusia yang bermanfaaat bagi sesama, setiap orang punya kepentingan, tapi untuk peduli lingkungan saya rasa kita sama, setiap orang punya kewajiban.
Terima kasih atas kunjunganya ke Blog saya yang sangat sederhana ini, silahkan komentarnya yang bersangkutan dengan temanya, mohon untuk tidak komentar asal (singkat) dan spam, mohon maaf dengan sangat.. iklan produk (dalam komentar) akan saya hapus demi kenyamanan para pembaca dan kerapihan Blog sederhana ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar